Surat Asy-Syu’ara Ayat 86.

وَاغْفِرْ لِأَبِي إِنَّهُ كَانَ مِنَ الضَّالِّينَ

Arab-Latin: Wagfir li`abī innahụ kāna minaḍ-ḍāllīn

Terjemah Arti: Dan ampunilah bapakku, karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat,

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan) Doa dari Ibrahim ini adalah:

agar Allah menyelamatkan bapaknya dari kesesatan kepada hidayah, sehingga Dia mengampuni dan memaafkannya, sebagaimana yang pernah Ibrahim janjikan bagi bapaknya tersebut untuk mendoakan kebaikan baginya. Akan tetapi setelah jelas bagi Ibrahim, bahwa bapaknya itu terus-menerus di dalam kekafiran dan kesyirikan hingga dia mati, Ibrahim berlepas diri darinya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia 86.

“Dan ampunilah ayahku, karena sesungguhnya ia termasuk orang-orang yang sesat dari kebenaran karena berbuat kesyirikan.” Ibrahim mendoakan ayahnya sebelum mengetahui bahwa ayahnya merupakan salah seorang penghuni neraka Jaḥīm. Setelah beliau mengetahui hal ini secara jelas, beliau pun berlepas diri dari ayahnya dan tidak lagi mendoakannya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram 86.

Dan ampunilah ayahku dengan menolongnya agar beriman dan mendapatkan hidayah. Sesungguhnya dia termasuk para pendosa yang menyimpang dari jalan yang lurus.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili:

Doa ini merupakan janji Nabi Ibrahim kepada ayahnya, bahwa dia akan memintakan ampunan untuk ayahnya, namun setelah tampak jelas bagi Nabi Ibrahim ‘alaihis salam bahwa ayahnya adalah musuh Allah, maka Nabi Ibrahim berlepas diri darinya, lihat surah At Taubah: 114.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Nabi ibrahim adalah seorang yang sangat santun kepada orang tuanya, walaupun kafir. Dia berdoa untuk kebaikan ayahnya. “dan ampunilah ayahku, sesungguhnya dia termasuk orang yang sesat, penyembah berhala. ” namun karena Allah melarang seseorang mendoakan orang kafir yang telah meninggal, nabi ibrahim tidak lagi melanjutkan doa untuk ayahnya.

 

Advertisements